Senin, 12 Januari 2015

Iklan atau Periklanan

Teori :

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
 
Analisa :
Saya akan mengulas tentang iklan provider dari beberapa berita online yang membahas bahwa provider tersebut telah menyinggung warga bekasi karena iklan yang ditayangkan walaupun pihak provider tersebut sudah meminta maaf kepada warga atau masyarakat bekasi tetap saja warga tidak bisa memaafkan sampai wali kota bekasi pun berfikir kalau pihak provider itu melakukan tindak pelecehan melalui iklannya.
Judul iklan yang menggunakan kata "Liburan ke Aussie lebih mudah di banding ke Bekasi" dari pihak provider menjelaskan bahwa kata dari Bekasi tersebut di anggap memiliki rima yang senada pada kata Aussie namun judul inipun dijadikan permasalah karena di media sosial sedang maraknya membully kota Bekasi jelas sekali iklan dari provider tersebut menyinggung warga atau masyarakat bekasi.
Kini warga atau masyarakat bekasi merasa sangat dilecehkan dengan iklan tersebut sehingga warga bekasi melakukan demo di kantor provider tersebut dan didepan kantor tersebut para warga yang berdemo mematahkan sim card dan meminta kantor provider tersebut ditutup , dari pihak provider yang sudah meminta maaf juga mengaku bahwa mereka melakukan kesalahan dimana kesalahan yang mereka buat membuat warga atau masyarakat hingga wali kota bekasi pun marah.
Jadi, baik untuk provider manapun jika ingin membuat iklan harus berhati-hati di teliti lagi apakah kelak iklan yang dibuat merugikan atau menyinggung bahkan melecehkan ke pihak-pihak lain sehingga nantinya pihak pembuat iklan pun tidak juga merasa merugi lalu pamor yang mereka miliki menurun karena kesalahan yang dibuat seperti provider tersebut.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar