Senin, 06 Oktober 2014

Adat Istiadat

Pengalaman tentang adat istiadat yang pernah saya rasakan salah satunya adalah saat saya akan mengarungi bahtera rumah tangga dengan suami saya, dimulai dari tahap pengenalan antar keluarga, proses lamaran hingga menjelang pernikahan serta resepsi yang diadakan.
Hal yang saya rasakan dengan adanya perbedaan dari adat istiadat keluarga suami saya yaitu keluarga suami saya yang berlatar belakang dari daerah jakarta dimana orang jakarta itu lebih dikenal sebagai orang betawi, banyak hal-hal yang saya baru ketahui dari keluarga suami saya, salah satunya saat pelamaran dari pihak keluarga laki-laki membawa seserahan berupa barang ataupun makanan dimana ciri khas makanan orang betawi asli itu dodol betawi, geplak hingga roti buaya yang menyimbolkan lambang kesetiaan.
Lalu disaat menjelang pernikahan lebih tepatnya menjelang acara resepsi, kami dari kedua belah pihak dimana keluarga saya keturunan orang sunda bogor dan suami saya orang betawi asli mencampurkan persatu paduan antara adat betawi dan sunda seperti diadakannya tarian sirih kuning saat acara resepsi akan dimulai tari sirih kuning ini berasal dari betawi lalu untuk pakaian saat resepsi kami menggunakan baju adat sunda untu saya sebagai mempelai wanita di dandani dengan menggunakan kebaya dan mahkota siger yang digunakan di kepala yang menunjukkan mahkota siger itu ciri khas sunda pada mempelai wanitanya.
Saat resepsi untuk catering atau makanan yang disediakan untuk para tamu dari berbagai macam hidangan makanan tersebut ada makanan yang mencirikan khas betawi seperti asinan betawi dan soto betawi. Demikian pengalaman adat istiadat yang pernah saya rasakan.

Analisis : 
Di acara pernikahan saya sudah jelas terlihat adanya adat istiadat yang digunakan baik dari pakaian khas daerah hingga makanan yang tersedia untuk para tamu dan keluarga saya, untuk adat istiadat ini harus dipertahankan karena seiring waktu berjalan adat istiadat dari masing-masing daerah mulai banyak terlupakan. 
Adat istiadat dari berbagai daerah harus kita pertahankan karena menjadi ciri khas untuk negara kita yakni negara Indonesia yang memiliki adat istiadat yang beragam di berbagai daerah, dengan mempertahankan adat istiadat Indonesia pasti semakin banyak dikenal oleh negara lain.
Dengan adat istiadat yang kita punya dari berbagai macam daerah merupakan hal yang sangat bisa dibanggakan oleh kita sebagai warga Indonesia karena adat istiadat yang kita memiliki masing-masingnya mempunyai makna atau arti yang sangat mendalam sehingga orang yang baru mengetahui bisa lebih menghargai tentang adat istiadat itu sendiri.
Jadi pada intinya kita sebagai warga Indonesia yang baik harus mempertahankan adat istiadat yang masing - masing kita miliki karena dengan adanya adat istiadat hidup kita semakin memiliki arti apa lagi kalau kita bisa menjalani dan menjaga adat istiadat dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar