Minggu, 12 Oktober 2014

Usaha Rumah Makan

Usaha Rumah Makan

Kasus:
Saya tinggal di daerah jakarta timur lebih tepatnya dekat dengan perempatan lampu merah hek, di daerah rumah saya ada sebuah usaha rumah makan khas betawi yang buka mulai jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Rumah makan betawi ini sangat ramai dikunjungi oleh pelanggan atau konsumen karena rumah makan ini terletak di perempatan lampu merah hek yang lokasinya sangat strategis dan mudah untuk dikunjungi oleh pelanggan atau konsumen di depan rumah makan juga tersedia tempat parkir jika kita datang menggunakan mobil atau motor kita tidak perlu repot parkir dipinggir jalanan. Rumah makan khas betawi ini menyediakan berbagai macam makanan dari cemilan hingga makanan berat karena lokasinya yang cukup strategis mempermudah juga untuk para ibu rumah tangga yang tidak masak dirumah tinggal datang ke rumah makan tersebut kita bisa memesan untuk makan langsung ditempat atau bisa kita bawa pulang.

Teori :
Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan. Etika Utilitirian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar. Teori Utilitirian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

Analisis :
Utilitarianisme bisa kita simpulkan secara singkat bahwa Utilitarianisme adalah hal atau kegiatan yang memiliki manfaat yang besar dan menguntungkan untuk orang – orang yang membawa hal sangat positif contohnya seperti adanya bisnis atau usaha yang dibuka bisa memberikan manfaat dan keuntungan untuk orang – orang sekitar yang dekat dengan bisnis atau usaha yang ada dengan cara memberikan pekerjaan dibisnis atau usaha tersebut.
Adanya rumah makan khas betawi di dekat rumah saya, kita tidak perlu repot lagi untuk menghidangkan makanan dirumah jika tidak memasak tinggal datang untuk membeli dan kita bisa memilih menu makanan yang kita inginkan. Rumah makan ini juga bermanfaat untuk para pengguna jalan jika ada pengguna jalan yang sedang mencari tempat untuk makan, rumah makan ini bisa menjadi andalan karena tempatnya yang strategis dan mudah ditemukan.
Dengan adanya lahan parkir yang disediakan dapat di manfaatkan oleh warga sekitar untuk mengatur tempat parkir lalu bisa mendapatkan uang dari pelanggan atau konsumen yang membawa kendaraan sehingga lahan parkir ini menjadi tempat atau ladang untuk mencari rezeki.
Jadi dengan adanya usaha rumah makan tersebut memberikan keuntungan atau manfaat tersendiri oleh orang – orang yang merasakannya baik disekitar lingkungan usaha rumah makan tersebut dari warga yang memanfaatkan lahan parkir hingga para konsumen atau pelanggan yang ada.

Referensi :
Pengamatan yang saya lihat pada rumah makan khas betawi tersebut.
http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar