Sabtu, 01 Oktober 2011

3.Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Sastra adalah suatu jenis karya yang tercipta dari pikiran dalam bentuk tulisan.Seni adalah ide, gagasan, perasaan, suara hati atau jiwa yang di expresikan. Peranan Sastra untuk mengembangkan wawasan berpikir bangsa, karya sastra dapat memberikan pencerahan pada masyarakat modern, sastra dapat memperhalus jiwa dan memberikan motivasi, selain itu sastra melestarikan nilai – nilai peradaban bangsa. Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi – materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni. Budaya Indonesia sangat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.

Prosa adalah jenis tulisan yang berbeda dan bahasanyapun menarik, jenis prosa terbagi menjadi dua yaitu prosa lama dan prosa baru, prosa lama adalah prosa hidup dan berkembang yang belum terpengaruhi oleh budaya – budaya barat sedangkan prosa baru adalah prosa hidup dan berkembang yang karangannya bebas dan tidak memiliki aturan – aturan apapun. Jenis – jenis Prosa ada bidal hikayat dongeng dan kisah prosa baru terbagi atas roman novel cerpen riwayat kritik resensi dan esai. Prosa Fiksi adalah cerita, kisah atau karangan bebas yang isi ceritanya merupakan pikiran penulis tetapi cerita yang dibuat merupakan cerita imajinasi atau khayalan atau bukan kisah nyata yang tidak ada sangkut pautnya di dalam puisi.Nilai – nilai yang ada dalam prosa fiksi yaitu memberikan kesenangan, informasi, warisan kultural dan keseimbangan wawasan. Karya sastra dapat dibagi menjadi 2 Karya sastra yang menyuarakan aspirasi zaman dan gejolak zamannya

Puisi adalah suatu seni tertulis dari pengekspresian diri yang berupa luapan emosi,penglihatan atau isi hati sang penulis yang hasil curahannya itu tertuang lewat media tulis,kreativitas yang membangun puisi terdiri dari bentuk bahasa kata yang berjiwa,konotatif, bermakna ganda kata dan pengulangan. Alasan yang mendasari penyajian puisi pada Ilmu Budaya Dasar adalah Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia kesadaran individual Puisi dan keinsyafan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar