Kamis, 27 Oktober 2011

6.Manusia dan Penderitaan

Penderitaan adalah keadaan yang harus ditanggung dengan perasaan menyedihkan, merasakan kesengsaraan , kesulitan dan kesialan karena terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan atau sesuatu hal yang buruk yang menimpa pada diri kita. Contoh adanya sekelompok korban tsunami yang kehilangan keluarga dan harta bendanya dan tidak terurus dimana ia akan tinggal nantinya selagi belum ada bantuan maka ia merasakan penderitaan didalam dirinya karena telah kehilangan segalanya.Siksaan yang dapat kita artikan perilaku yang sewenang wenang yang kita terima di anggota tubuh atau raga dengan cara menyakiti atau menganiaya kita. Adanya ketakutan yang kita rasakan didalam diri kita dengan melihat benda atau hal yang memiliki ketakutan yang amat sangat berlebihan di sebut phobia. Ada 3 siksaan yang sifatnya psikis seperti kebimbangan yaitu seseorang tidak bisa menentukan pilihan yang akan dipilihnya, kesepian yaitu seseorang merasakan sendirian didalam dirinya dan ketakutan yaitu seseorang merasa takut dengan benda atau sesuatu hal yang lihat olehnya. Penyebab seseorang merasakan ketakutan diantaranya takut dengan ruang tertutup atau terbuka, takut dengan tempat ketinggian dan takut dengan ruangan yang gelap.
           
Kekalutan mental yaitu keadaan batin yang sedang kacau atau adanya tekanan dari luar kedalam diri seseorang. Gejala seseorang yang mengalami kekalutan mental terdiri dari 2 hal yaitu terlihat pada jasmani dan kejiwaannya, seperti jasmani yang terlihat oleh kita lebih sering merasakan pusing , keadaan badan melemah karena kurang darah, terjadinya sesak napas dan demam lalu pada kejiwaan merasakan cemas, takut yang berlebihan dan emosi cepat memuncak. Tahap gangguan kejiwaan adanya gangguan kejiwaan di kehidupan orang tersebut baik dari jasmani ataupun rohaninya sebab kekalutan mental salah satunya terjadinya tekanan batin pada seseorang sehingga merasa dirinya kurang sempurna. Proses kekalutan mental yang terjadi pada seseorang terdiri dari 2 hal positif dan negatif, hal yang positif mendekatkan diri dengan sholat dari keterpurukan didalam hidupnya dan hal negatif mengalami trauma hingga membuatnya frustasi.

Hubungan penderitaan dan perjuangan kita sebagai manusia memilik hak untuk mendapatkan kebebasan dari penderitaan dengan cara berjuang menjalani kehidupan seperti berhadapan dengan masyarakat , lingkungan atau tetangga. Hubungan dengan penderitaan, media massa dan seniman dimana penderitaan itu menjadi incaran media massa menjadi suatu pokok bahasan yang bisa sampai ke semua orang termasuk seniman jika seniman itu sendiri memberi penilaian dengan membuatkan karya seni. Salah satu sebab penderitaan yaitu penderitaan yang dirasakan karena keburukan yang ia buat sendiri, pengaruh dari penderitaan yang negatif diantaranya tidak ada semangat hidup dan mudah putus asa tetapi adapula yang positif lebih memiliki gairah hidup agar penderitaan itu cepat usai dan menjadi orang yang lebih kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar