Jumat, 21 Oktober 2011

4.Manusia dan Cinta Kasih

Cinta adalah sebuah kekuatan dalam diri seseorang dimana dia memiliki perasaan kepada seseorang dan melakukan sesuatu hal untuk seseorang berupa perhatian, pengertian, pengorbanan, memberi kasih sayang dan mau melakukan apapun yang diinginkannya.Sedangkan kasih, artinya perasaan sayang atau cinta. Seorang psikolog Amerika, Robert J. Sternberg, mengembangkan teori segitiga cinta , 3 elemen ini : keintiman, gairah dan komitmen. Menurut pendapat dari Ibnu al-arabi (tokoh filosofo islam) mengenai rasa cinta, Cinta pada 3 tingkatan yaitu: cinta natural cinta supranatural dan cinta ilahi. Adapula berbagai bentuk cinta seperti cinta diri cinta pada sesama manusia cinta seksual cinta kebapakan dan cinta kepada rasul. Ini adalah beberapa ayat al-qur’an mengenai cinta Ali Imran ayat 14 Al-Maidah ayat 54 dan An-Nahl ayat 107

Kasih sayang dimana kita memberikan perhatian lebih kepada orang yang selalu ada disisi kita baik itu dari keluarga , teman atau sahabat. Beberapa contoh tentang kasih sayang : Orang tua yang memberi perhatian dan memenuhi kebutuhan untuk anaknya dan seorang pria yang memberikan perhatian kepada wanita yang ia sukai dengan prilaku baik. Pengertian kemesraan dapat kita artikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. Lalu pengertian pemujaan adalah salah satu cinta manusia pada tuhannya melalui komunikasi ritual.Kita dapat menerapkan pemujaan dalam keindahan, kehebatan ciptaan tuhan, dll.

Belas kasih dimana kita memiliki perasaan iba atau sedih saat kita melihat orang lain menderita lalu kita membantunya dengan hati ikhlas keluar dari lubuk hati yang paling dalam tanpa ada rasa pamrih kepada orang yang kita tolong tersebut. Beberapa cara menumpahkan belas kasih pada orang lain seperti memberikan santunan untuk anak yatim piatu, orang yang cacat fisik memberikan perhatian lebih kepada orang jompo agar mereka lebih senang dan nyaman atau memberikan pakaian maupun barang kepada orang yang terkena musibah bencana alam. Lalu pengertian cinta kasih erotis dimana kita benar-benar memiliki cinta sejati dan mempunyai pendirian yang kuat yaitu ketika seseorang bersungguh-sungguh mencintai sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar