Kamis, 27 Oktober 2011

5.Manusia dan Keindahan

Keindahan yaitu dimana kita melihat sifat dari sesuatu yang dapat membuat diri kita senang atau menyukai sesuatu yang kita lihat. Keindahan itu sendiri sifat dari sesuatu yang enak untuk dipandang dan memberikan dorongan pada diri kita sendiri agar ingin mengetahuinya lebih dalam. Jadi tentang keindahan yang seluas – luasnya terdiri dari keindahan seni keindahan alam keindahan moral dan keindahan intelektual. Nilai estetik, the liang gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.
Renungan berasal dari kata renung,yaitu dimana saat kita melakukan sesuatu hal dengan berpikir dan memikirkan sesuatu hal tersebut sedalam - dalamnya atau menghayatinya sehingga kita dapat memahami maksud atau tujuan mengapa kita harus melakukan sesuatu hal tersebut. Dalam renungan bisa menciptakan beberapa teori seperti teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.
Keserasian dari kata serasi atau kata dasarnya adalah rasi yang dapat diartikan cocok satu sama lain atau satu dengan lainya , perpaduannya pas untuk dilihat yang bisa kita contohkan seperti saat kita harus mengenakan pakaian dan celananya harus serasi pada benda itu sendiri agar terlihat enak untuk di pandangan oleh si pengamat atau orang lain yang melihatnya. Dan keserasian itu sendiri memiliki beberapa teori adapun teori – teori dari kesarasian yaitu teori obyektif  , teori subyektif dan teori perimbangan

1 komentar: