Kamis, 17 November 2011

10.Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan yaitu dimana hati seseorang yang sedang tidak tenang atau merasakan ke khawatiran bahkan kecemasan pada diri seseorang tersebut, kegelisahan itu sendiri bisa dilihat dari sikap seseorang salah satunya seperti gugup. Ada tiga kecemasan yang dirasakan pada manusia seperti kecemasan obyektif, neorotik dan kecemasan moril adapula sebab kecemasan yang dirasakan pada manusia , salah satu sebab yang terjadi pada manusia yaitu adanya perasaan yang tidak tenang karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkannya dan salah satu contoh dari kegelisahan seperti seorang ibu yang sangat cemas terjadi sesuatu hal buruk yang menimpa anak perempuannya karena anaknya tersebut belum tiba dirumah hingga larut malam.Usaha untuk mengatasi kegelisahan pada manusia yaitu menjauhi pikiran buruk atau negatif dan bisa menenangkan diri baik sikap bahkan pikiran contoh untuk mengatasi kegelisan jika seorang ibu cemas dengan anak perempuannya yang belum tiba dirumah, ibu tersebut bisa menenangkan diri dengan membaca doa lalu menelpon anaknya sedang berada dimana sehingga hal tersebut bisa mengatasi kegelisahan yang dirasakannya.

Keterasingan dimana kita merasakan diri kita diasingkan oleh orang lain seperti dilingkungan tempat tinggal atau tetangga bahkan dengan di keluargapun diri kita bisa terasingkan karena adanya sebab buruk atau hal negatif yang ada pada diri kita atau pada perilaku kita yang tidak bisa diterima oleh orang – orang disekitar kita. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Imran ayat 19 menjelaskan tentang keterasingan kepada orang yang kafir dengan ayat Allah SWT. Kesepian diartikan kita merasakan kesendirian pada diri kita karena tidak adanya keluarga atau kerabat yang bisa menemani diri kita tetapi ada pula sebab lain dimana seseorang merasakan kesepian yaitu dikarenakan orang tersebut memiliki sifat sombong , belagu atau egois sehingga dia tidak memiliki kerabat yang bisa menemaninya. Tiga macam penyebab terjadinya kesepian kurangnya sosialisasi dengan lingkungan tidak suka bergaul dengan teman dan adapula yang tidak suka suasana ramai tetapi lebih menyukai suasana, tempat atau ruangan yang sepi. Contoh seseorang yang sedang kesepian disaat adanya sebuah pesta dia datang kepesta tersebut karena kurangnya dia bersosialisasi orang yang berada disekitarnya dia akan merasakan kesepian karena tidak ada teman yang ingin menemaninya berdansa atau mengobrol dengannya

Ketidakpastian adalah ketentuan yang belum bisa ditetapkan oleh seseorang dimana seseorang ini tidak bisa berpikir dengan baik karena konsentrasinya terganggung. Macam - macam penyebab terjadinya ketidakpastian pada seseorang seperti adanya sebuah obsesi , phobia , kompulasi , histeria , delusi , halusinasi dan keadaan emosi. Contoh terjadinya ketidakpastian yang dialami oleh manusia, salah satunya adalah saat ingin menjawab tugas ujian saya belum bisa menjawab satu soal karena ada dua jawaban yang belum bisa dipilih yang disebabkan dua jawaban itu mendekati jawaban yang diinginkan, hal ini bisa dikatakan ketidakpastian saya dalam menjawab soal tersebut. Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 23 menjelaskan tentang mengatasi ketidakpastian atau keraguan pada kitab suci Al-Qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar