Kamis, 17 November 2011

11.Manusia dan Harapan

Harapan adalah menanti sesuatu atau memiliki keinginan agar bisa terwujud. Persamaan diantara harapan dan cita – cita yaitu sama – sama memiliki keinginan atau kehendak agar bisa mencapai atau mewujudkan sesuatu yang diinginkan olehnya. Contoh harapan salah satunya adalah seseorang ibu yang mengandung anak menginginkan kelak saat melahirkan, anaknya bisa lahir dengan selamat hal itu bisa disebut dengan harapan. Sebab seseorang memiliki harapan salah satunya demi kelangsungan hidup baik keamanan , kewajiban ataupun hak yang kita miliki.

Doa adalah permohonan atau harapan atau permintaan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kehidupan selama ini. Macam – macam doa yaitu doa agar dimudahkan segala urusan,doa untuk kedua orang tua, doa agar diberi ilmu bermanfaat, doa memohon petunjuk dll. Contoh doa ‘Ya Allah, berikanlah manfaat kepadaku atas apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah kepadaku apa yang bermanfaat bagiku, serta tambahkanlah ilmu kepadaku (H.R At-Tirmidzi No.3599)

Kepercayaan adalah anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yg dipercayai itu benar adanya atau nyata. Teori kebenaran terdiri menjadi tiga yaitu teori konsistensi , teori korespondensi dan teori pragmatis. Kepercayaan dibedakan menjadi empat macam yaitu kepercayaan pada diri sendiri , kepercayaan pada orang lain , kepercayaan pada pemerintah dan terakhir kepercayaan kepada Tuhan yang maha kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar