Kamis, 17 November 2011

9.Manusia dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sikap manusia yang harus menanggung atas perilaku atau perbuatan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Jenis – jenis tanggung jawab adanya tanggung jawab dengan diri sendiri, keluarga , masyarakat, negara bahkan tanggung jawab kepada tuhan atas perilaku kita selama menjalani kehidupan. Contoh tanggung jawab jika kita meminjam pulpen pada  teman kita,kita harus mengembalikannya tetapi saat ingin dikembalikan pulpen itu hilang jadi kita yang meminjam harus bertanggung jawab dengan cara menggantikannya atau membelikan pulpen baru sebagai pengganti pulpen yang hilang itu.

Pengabdian adalah sesuatu yang dilakukan dengan pengorbanan berupa tenaga, pikiran dan waktu sebagai wujud kesetiaan atau pengabdian dengan tujuan baik dan dilakukan secara ikhlas. Macam – macam pengabdian itu sendiri seperti pengabdian kepada orang tua, bangsa atau negara dan pengabdian kepada tuhan yang maha kuasa. Salah satu contoh pengabdian seperti pengabdian kepada tuhan, kita sebagai umatnya menjalankan perintah agama seperti shalat 5 waktu yang sudah menjadi kewajiban kita.

Pengorbanan yaitu suatu sifat yang bisa disebut kebaktian dimana didalamnya kita menjalankan dengan rasa ikhlas dan tidak memiliki pamrih,pengorbanan itu sendiri semata – mata diberikan atas keinginan yang berasal dari hati nurani. Macam macam pengorbanan bisa berupa pengorbanan jiwa raga, perasaan , pemikiran bahkan harta benda yang kita miliki. Contoh pengorbanan salah satu contohnya, Seorang ibu yang ingin melahirkan anaknya yang telah dikandung selama 9bulan , ibu berani menantang maut demi melahirkan anaknya agar anaknya selamat lahir didunia karena telah mempertaruhkan nyawanya untuk sang anak, hal itu juga bisa disebut sebagai pengorbanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar