Kamis, 03 November 2011

8.Manusia dan Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah pengelihatan atau tatapan seseorang mengenai kehidupan yang akan dijalankannya dengan pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman dan arahan sebagai petunjuk hidup di dunia. Macam - macam sumber pandangan hidup menjadi 3 yaitu :
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya
2. Pandangan hidup yang berupa idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya
Ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yg dijadikan asas pendapat (kejadian) yg memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, hak ideologi terbagi jadi 2 yaitu : ideologi hukum dan ideologi politik.

Cita cita adalah keinginan atau kehendak yang selalu ada di dalam pikiran dan berusaha mencapai atau mewujudkannya. Contoh yaitu seorang anak yang menempuh pendidikan sejak kecil hingga mengenyam pendidikan dibangku kuliah dan selalu berusaha menjadi orang yang berprestasi ,karena dia memiliki atau mempunyai cita-cita menjadi orang sukses dan bisa membahagiakan orang tuanya. Kebajikan adalah sesuatu yang mendatangkan kebaikan dari perbuatan yang baik yang berasal dari kemurahan hati seseorang.Makna kebajikan itu sendiri diartikan suatu sistem yang memiliki tujuan untuk membantu orang lain agar hidupnya menjadi lebih baik Usaha atau perjuangan adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai sesuatu yang ingin dicapai atau di cita – citakan olehnya. 1 ayat Al-Qur’an tentang usaha atau perjuangan, Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du ayat 11 sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali jika mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri

Keyakinan atau kepercayaan berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof. Dr. Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat, yaitu :
1.Aliran Naturalisme aliran yang berspekulasi mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak.
2.Aliran Intelektualisme aliran dengan logika atau akal, aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka keyakinan manusia itu bermula dari akal.
3.Aliran Gabungan aliran yang berkaitan dengan gaib dan akal, kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari Tuhan, sedangkan akal adalah dasar kebudayaan yang menentukan benar tidaknya sesuatu.
Keyakinan atau kepercayaan adalah sesuatu yang dianggap oleh seorang manusia atau umat bahwa sesuatu yang dipercayainya itu benar atau nyata. Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik  pertama mengenal kedua mengerti ketiga menghayati keempat meyakini kelima mengabdi dan keenam mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar